Corporate Governance

STRUKTUR TATA KELOLA PERUSAHAAN

Perseroan dalam menjalankan kegiatan usahanya menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik, yang mengutamakan aspek transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian, dan kewajaran guna mengoptimalkan nilai perusahaan bagi semua pemangku kepentingan Perusahaan. Menurut Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“Undang-Undang Perusahaan”), organ Perseroan terdiri dari Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”), Dewan Komisaris (“BOC”) dan Direksi ("BOD"). Organ tersebut didukung oleh berbagai Komite dan Sekretaris Perusahaan, yang memegang peranan penting dalam penerapan GCG Perseroan.

RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM UMUM (“RUPS”)

RUPS adalah organ tertinggi Perseroan di mana merupakan forum bagi pemegang saham dalam pengambilan keputusan Perseroan dan juga forum bagi Dewan Komisaris dan Direksi untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas, hasil dan kinerja Perseroan kepada seluruh pemegang saham. Sebagai perusahaan publik, pelaksanaan RUPS ditetapkan oleh Anggaran Dasar Perusahaan dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.32/POJK.04/2014 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Publik, sebagaimana terdapat perubahan atas Peraturan OJK tersebut di dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.10/POJK.04/2017 tentang Perubahan atas Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.32/POJK.04/2014. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai RUPS Perseroan yang telah diadakan, silakan lihat di **Keterbukaan Informasi **__underlined text__kami.

STRUKTUR KOMITE

Dewan Komisaris dalam menjalankan tugas pengawasannya dibantu oleh Komite. Berdasarkan Keputusan Dewan Komisaris, Komite Audit dan Komite Nominasi dan Remunerasi dipimpin oleh Agus A. Sijoatmojo.

AUDIT INTERNAL

Audit internal adalah manajemen mitra dalam mewujudkan penerapan GCG di Panorama. Sejalan dengan perkembangan bisnis perusahaan, pengendalian internal diperlukan untuk mencegah penipuan, mengevaluasi dan meningkatkan pengendalian internal Perseroan secara independen dan objektif. Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Unit Audit Internal menjunjung tinggi prinsip-prinsip integritas, objektifitas, kerahasiaan, dan kompetensi sesuai dengan Piagam Audit Internal Perusahaan yang mencakup Kode Etik.. Unit Audit Internal dipimpin oleh Kepala Unit Audit Internal, Maria Sukma, yang ditunjuk oleh Presiden Direktur dengan persetujuan dari Dewan Komisaris. Kepala Unit Audit Internal bertanggung jawab kepada Direktur Utama dan secara fungsional melapor kepada Dewan Komisaris atau Komite Audit. Beliau memegang gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Tridinanti, telah bergabung dengan Panorama sejak tahun 1999 dan menjabat sebagai kepala Unit Audit Internal sejak 2009. Sebelum bergabung dengan Panorama, Beliau memiliki banyak pengalaman dalam administrasi keuangan dan audit yaitu PT Bank Central Asia, PT Sako Indah Gemilang dan PT Bank Central Dagang.

SEKRETARIS PERUSAHAAN

Berdasarkan peraturan OJK No.35 / POJK.04 / 2014, sebuah perusahaan publik wajib memiliki fungsi sekretaris perusahaan yang memiliki akses untuk informasi material perusahaan sehubungan dengan prinsip keterbukaan informasi dan menempati peran strategis untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi peraturan dan ketentuan pasar modal. Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab langsung kepada Direksi serta diangkat dan diberhentikan berdasarkan Keputusan Direksi. Posisi Sekretaris Perusahaan saat ini dipegang oleh Anastasia Xenia, berdasarkan Surat Keputusan Direksi tanggal 31 Oktober 2019. Beliau memegang gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Pelita Harapan dan membangun karir awalnya di beberapa lembaga seperti industri sekuritas, perbankan, dan industri distribusi di bidang finance, product development dan business development. Sebelum di Panorama, Beliau bekerja sebagai Investor Relations di PT Buana Lintas Lautan Tbk pada 2013 hingga 2019, mengelola aktivitas Investor Relations dan juga terlibat langsung dalam aktivitas Corporate Secretary.

SISTEM MANAJEMEN RISIKO

Penerapan sistem manajemen risiko Panorama bertujuan untuk mendukung Panorama dalam mencapai pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan, sehingga dapat lebih mengoptimalkan shareholder value. Pendekatan yang dilakukan dalam mendukung penerapan manajemen risiko Panorama secara efektif adalah dengan melakukan pendekatan komprehensif untuk mengelola risiko-risiko secara menyeluruh, meningkatkan kinerja dalam mengelola ketidakpastian, meminimalisir ancaman dan memaksimalkan peluang tanpa mengabaikan prinsip- prinsip manajemen risiko paling kurang mencakup sebagai berikut: 1 Pengawasan aktif oleh Dewan Komisaris dan Direksi; 2. Sistem pengendalian internal yang menyeluruh; dan 3. Kecukupan proses identifikasi, pemantauan dan pengedalian Risiko serta sistem informasi Manajemen Risiko Dewan Komisaris dan Direksi melakukan review secara berkala terhadap keseluruhan penerapan Manajemen Risiko dan menilai bahwa Manajemen Risiko tersebut telah berjalan efektif dalam membantu Panorama untuk mengendalikan dampak-dampak yang dapat ditimbulkan akibat risiko-risiko tersebut. Untuk rincian lebih lanjut manajemen risiko yang dilakukan oleh Perseroan, silahkan unduh **Laporan Tahunan **__underlined text__Kami

Biro Administrasi Efek

PT Raya Saham Registra Gedung Plaza Sentral Lantai 2 Jl. Jendral Sudirman Kav. 47-48 Jakarta 12930

Akuntan Publik

KAP Mirawati Sensi Idris (Moore Stephens) Menara Intiland Lantai 7 Jl. Jendral Sudirman Kav. 32 Jakarta 10220

Wali Amanat

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Gedung BRI II, Lt. 30 Jl. Jendral Sudirman No. 44-46 Jakarta 10210

Kustodian

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Gedung Bursa Efek Indonesia Tower I Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 12190

Perusahaan Peringkat Efek

PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) Panin Tower, Senayan City Jl. Asia Afrika Kav. 19 Jakarta 10270

Date Document
2 March 2020 Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
13 March 2020 Pembatalan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
Date Document
30 October 2019 Pemberitahuan Perubahan Corporate Secretary Perseroan Download
2 May 2019 Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Download
7 April 2019 Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Download
21 March 2019 Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Download
10 March 2019 Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Download
11 February 2019 Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Download
27 January 2019 Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Download
22 January 2019 Pemberitahuan Perubahan Corporate Secretary Perseroan Download
Date Document
16 December 2018 Keterbukaan Informasi (Penjualan Saham Carlson) Download
5 December 2018 Keterbukaan Informasi (Joint Ventures) Download
7 May 2018 Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
4 May 2018 Keterbukaan Informasi (Transaksi Afiliasi) Download
30 April 2018 Keterbukaan Informasi (MTN II PANR) Download
11 April 2018 Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
27 March 2018 Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
Date Document
25 December 2017 Keterbukaan Informasi (Perubahan Kepemilikan Saham Entitas Anak) Download
7 June 2017 Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
22 May 2017 Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
7 May 2017 Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
22 March 2017 Keterbukaan Informasi (Transaksi Material) Download
19 March 2017 Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Download
21 February 2017 Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Download
6 February 2017 Pengumuman Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Download
Date Document
19 December 2016 Keterbukaan Informasi (Perubahan Kepemilikan Saham Entitas Anak) Download
23 November 2016 Keterbukaan Informasi (Transaksi Afiliasi) Download
25 June 2016 Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan & Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
30 May 2016 Panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa (RUPST & RUPSLB) Download
28 February 2016 Keterbukaan Informasi (Perubahan Biro Administrasi Efek) Download